728x90 AdSpace

Featured Post

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar (Ikan Diskus)

Jumat, 26 Februari 2016

Tips Ampuh Melamar Pekerjaan Pada Perusahaan

melamar kerja, lamaran, tips ampuh

Saat ini persaingan dalam mencari pekerjaan dibursa kerja sangat tinggi, hal ini disebabkan karena semakin berkurangnya lapangan pekerjaan jika dibandingkan dengan jumlah para pencari pekerjaan. Selain itu hampir secara keseluruhan perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan membutuhkan kualitas dan keahlian para pencari kerja yang lebih diatas rata-rata.

Kemampuan seorang pencari kerja tidak lah cukup jika hanya memiliki ijazah dan pendidikan yang sesuai namun juga diperlukan keahlian yang dibutuhkan perusahaan yang akan merekrut karyawan. Keahlian tersebut dapat berupa handal mengoperasikan alat/mesin, komputer serta juga memiliki dedikasi bekerja keras dan dapat bekerja sama di dalam bekerja di perusahaan.

Dengan mengetahui sejauh mana kemampuan yang anda miliki, anda dapat menentukan pada perusahaan yang bagaimana anda memasukkan lamaran sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dan dalam proses lamaran kerja pada suatu perusahaan hendaknya juga harus mengetahui bagaimana cara melamar kerja maupun kiat dan tips-tips sehingga mudah untuk diterima dan mendapatkan pekerjaan

Perlu diperhatikan bahwa agar bisa diperhitungkan di tempat Anda melamar pekerjaan,tentunya anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu untuk dapat memberikan sesuatu yang maksimal pada usaha anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mempersiapkan kepercayaan diri serta kelengkapan berkas dan juga mempersiapkan topik jawaban yang positif diwaktu anda melakukan wawancara kerja.

Adapun tips dan cara agar mudah diterima kerja adalah sebagai berikut :
  1. Hal yang paling utama adalah memberikan gambaran bahwa anda adalah salah satu calon karyawan terbaik. Menunjukkan bahwa anda memiliki kemampuan yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Hal tersebut dapat dituangkan pada lamaran anda dengan ditujukan untuk posisi yang spesifik yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Deskripsikan dengan kata-kata pada lamaran anda mengenai pengalaman anda serta kualifikasi dan kemampuan yang anda miliki. Penggunaan kata-kata di dalam lamaran anda seharusnya jelas dan spesifik serta tidak bertele-tele dan panjang. Mengapa demikian? Penggunaan kata-kata yang jelas dan spesifik menggambarkan kemampuan anda yang professional dan juga menggabarkan prinsip anda dalam bekerja.
  2. Menunjukkan bahwa anda seorang yang mampu bekerja secara profesional. Dimana hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anda dalam melamar pekerjaan pada suatu perusahaan dengan memberikan lamaran yang tidak ada kesalahan pada kata-kata serta penggunaan kata yang tidak formal dan juga kesalahan penulisan serta kesalahan dalam penggunaan serapan bahasa asing. Maka dengan itu sebaiknya baca dan koreksi kembali berkas lamaran anda jangan sampai ada kesalahan-kesalahan tersebut pada lamaran. Dengan demikian semakin benar lamaran yang ada ajukan pada suatu perusahaan akan menggambarkan anda adalah seorang professional untuk pekerjaan itu.
  3. Pastikanlah bahwa lamaran anda tepat sasaran pada perusahaan yang ingin anda tuju. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah lamaran yang kita kirimkan tepat sampai dan dievaluasi oleh manajer HRD atau manager penerimaan karyawan. Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran pekerjaan dari sana-sini. Bisa jadi lamaran pekerjaan anda hanya dilihat sekilas. Untuk menghadapi masalah tersebut, sebaiknya anda mencoba ambil inisiatif. Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran anda. Namun, jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan tersebut tercantum bahwa anda tak diperbolehkan menghubungi mereka. Dengan menghubungi tempat kerja tersebut dalam jangka waktu 2 minggu pengiriman, anda bisa memastikan apakah sebaiknya Anda menunggu atau mencoba yang lain.
  4. Yang terakhir adalah menunjukkan kemampuan lebih yang anda miliki. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih kepada anda sebab perusahaan dimanapun akan lebih senang menerima karyawan dengan memiliki banyak kehalian tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencantumkan berbagai keahlian dan sertifikat yang anda miliki yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Selain itu apabila anda memiliki aktivitas atau tergabung pada suatu asosiasi atau organisasi tertentu yang berhubungan dengan posisi yang dilamar akan memberikan peluang lebih besar anda diterima diperusahaan tersebut.

 Demikan tips yang dapat anda lakukan dalam bersaing memperebutkan pekerjaan pada saat ini. Anda dapat mencobanya dan semoga sukses !!! SEMANGAT!!!

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips Ampuh Melamar Pekerjaan Pada Perusahaan Rating: 5 Reviewed By: Unknown