728x90 AdSpace

Featured Post

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar (Ikan Diskus)

Kamis, 30 Juni 2016

Mengenal Pohon Kurma KL1

Sebagai informasi mengenai bibit kultur jaringan yang masuk ke Indonesia. Terdapat dua jenis asal bibit kultur jaringan yang masuk ke Indonesia. Sebagian besar bibit berasal dari inggris dan sebagian lainnya bibit berasal dari UEA. Terdapat beberapa berbedaan varitas kurma yang masuk dari ke dua negara tersebut. Sedangkan bila ada yang mengatakan terdapat kuljar dari Thailand maka sebenarnya asal bibit tersebut juga dari ke dua negara tersebut. Bibit bersertifikat hanya berasal dari kultur jaringan dan sertifikat tersebut hanya ada satu untuk ribuan bibit dalam satu pengiriman. Saat ini dinas pertanian maupun kehutanan belum menghasilkan bibit kurma apalagi yang bersertifikat.


medjool yang telah ditanam dan berbuah di Australia, bibit berasal dari UEA, salah satu varietas yang bisa dimakan dan berasa sangat manis ketika kematangan 80-100%, tidak dapat mencapai fase tamr bila ditanam di tropis


buah kurma


pohon kurma baik jantan maupun betina sama - sama dapat berbunga dan sama sama dapat memiliki anak tunas (offshoot) namun yang bisa berbuah adalah pohon betina, sedangkan pohon jantan diperlukan untuk membantu penyerbukan agar menjadi buah sempurna

Bagi yang bertanya tanya apakah kurma bisa berbuah di Indonesia, silahkan googling kurma berbuah di riau, indramayu, malang, banjarmasin, banyuwangi, dll

Kurma dapat dibedakan dalam 4 taraf kematangan buahnya. Yaitu:

Kimri
Taraf ketika buah kurma muda. Warna masih hijau dan ukuran kecil. Tidak bisa dimakan karena masih mentah.

Khalal
ada juga yg menyebut balakh Yaitu taraf setengah masak. Ukurannya sudah dewasa penuh, warnanya ranum kekuningan seperti kelapa gading dan ada juga yg kemerahan tua. Penampilan sangat menarik. Pada sebagian jenis kurma sangat enak dinikmati pada taraf kematangan khalal ini. Rasanya madih agak sepet . Kemrituk (crunchy) seperti Apel. Misalnya jenis: Barhi, Zamli dan Khalas. Yg biasa kita lihat dan dijual di pasaran lndonesia adalah Barhi. Untuk masa depannya, kita perlu kembangkan yg Barhi ini. Jenis KL 1 dari Thailand adalah perkawinanArhi dengan Daglet Noor.

Ruthob

Ini yg taraf masak penuh. Dengan ciri separo sudah lembek dan berubah warna kecoklatan. Rasanya manis. Kandungan aitnya s/d 25%. Ini yang disunahkan untuk disantap sebagai pembuka puasa.


Tamar.
ini taraf terakhir sebelum rontok. Warnanya sudah sepenuhnya kecoklatan kehitaman. Ini yg sebagai pilihan kedua untuk berbuka puasa, kalau tidal ada ruthob.

Biasanya ini yang terjadi pada semua jenis kurma yg kita kenal. Apalagi untuk disimpan atau dibawa jauh. Pada prosesnya tamar ini dijemur hingga kering.



Kurma Tropis KL1 HYBRID


Kebun kurma yang pertama di Thailand dibudidayakan oleh Profesor Sam Lak Juan mulai tahun 1996. Kebun kurma ini diberi nama kebun kurma Kolak. Kini, Kebun Kurma Kolak ini diusahakan oleh Prof Sam bersama anak perempuan dan menantunya.



Kejayaan mereka menanam kurma hingga berbuah, yang selama ini identik sebagai “tanaman timur tengah” telah membangkitkan semangat di kalangan pengusaha tanaman di Thailand untuk mengikut jejak langkah “pengagas kurma Thailand” ini. Sekarang ini, seperti “demam tanam kurma” di Thailand, boleh dikatakan setiap wilayah di Thailand ada pengusaha penanaman kurma yang melebihi 1 Ha.
.
Yang menarik dari hasil penelitian penanaman kurma Prof Sam ialah, beliau telah memperkenalkan varieti kurma baru dengan nama Kolak One yang kita kenal saat ini sebagai Kurma Tropis KL1 HYBRID.

Tanaman kurma  Tropis KL1 HYBRID asal Thailand ini telah melalui satu proses penelitian yang panjang, lebih 10 tahun dan telah terbukti saat ini dapat menghasilkan pohon kurma yang sangat cocok tumbuh pada iklim tropis dan berbuah pada usia 3 tahun. Penelitian di lakukan oleh Prof. Sam Lak Juan dari Maejo University, Chiang Mai.

Kurma Tropis KL1 HYBRID adalah varietas baru hasil persilangan antara jenis Barhee dengan Deglet Nour. Saat ini kurma KL-1 sangat adaptif dengan iklim tropis dan sangat genjah. Berdasarkan pengalaman para pekebun di Thailand. KL-1 dapat mulai berbuah pada usia 3 tahun, sedangkan kurma jenis lain di Timur Tengah pada umumnya mulai berbuah di atas usia 7 tahun dan Kurma Tropis KL1 HYBRID sangat produktif pertandan mencapi 15kg - 30kg.

Tanaman pohon Kurma Tropis KL1 HYBRID ini bisa di tanam di lahan kebun maupun dipekarangan rumah. Tanaman pohon kurma tropis bisa tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian 50 mdpl dengan curah hujan 1500 mm pertahun dengan suhu 32-35 derajat celcius. Untuk penanaman di lahan, lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran 50X50X50 cm, tanah galian dicampurkan dengan pupuk kandang kemudian masukan bibit kurma tropis dan tutup lubang tanam dengan tanah campuran dan disiram dengan air secukupnya. Usahakan lahan yang digunakan adalah tanah lapang yang datar sehingga tanaman kurma tropis bisa tumbuh dengan maksimal. Pemupukan dilakukan secara rutin dengan pupuk 3 bulan sekali sesuai perkembanganya. Saat dalam pertumbuhan vegetative gunakan pupuk NPK daun, saat masa generative gunakan pupuk NPK bunga dan disiram satu kali setiap harinya dengan air yang cukup.

Selain di tanam di lahan, pohon Kurma Tropis KL1 HYBRID ini juga bisa di tanam di dalam pot, sediakan pot berdiameter 100 cm. untuk media tanamnya menggunakan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam. Setelah bibit ditanam, jangan lupa untuk menyiram tanaman dengan air secukupnya setiap hari dan diberi pupuk NPK satu bulan sekali.

Kurma Tropis KL1 HYBRID, Selain unik dan berbuahnya yang cepat kurma ini menjadi salah satu tanaman unggulan yang bisa ditanam di Indonesia. Harga kurma yang mahal dan peminatnya yang tidak pernah menurun bahkan cenderung meningkat tentunya menjadi peluang besar bagi anda untuk membudidayakan tanaman Kurma Tropis KL1 HYBRID dan meraih keuntungan dari buahnya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengenal Pohon Kurma KL1 Rating: 5 Reviewed By: El Info